Laman

Berlibur Dengan Cerdas


Apa itu liburan cerdas?
Liburan sekolah sering dimanfaatkan oleh para orangtua untuk berlibur bersama keluarga. Beragam tawaran wisata ke tempat-tempat yang menarik, mulai dari yang diklaim sebagai ‘Paket Murah’ sampai dengan penawaran dengan janji ‘Memberikan Pelayanan yang Memuaskan’ hadir memenuhi setiap acara pameran wisata. Lantas bagaimana memilih ataupun mengisi liburan yang tepat untuk keluargas
Liburan cerdas tentu harus cerdas dalam perencanaan, cerdas dalam menentukan anggaran dan juga cerdas dalam mengimplementasikannya. Intinya, liburan memberikan manfaat yang baik, bagi anak maupun orang tua itu sendiri. bahkan liburan cerdas diharapkan bisa meningkatkan quality time antara orang tua dan anak. Liburan cerdas tidak berbicara mengenai murah atau mahal, tetapi meniktikberatkan kepada kepuasan dan manfaat. Karena ukuran murah dan mahal bagi orang adalah relatif. Dan dengan liburan yang terencana, pengeluaran untuk liburan bisa diatur sedemikian rupa sehinggak terjadi over budget.
Sebenarnya mengisi liburan tidak harus dengan berwisata. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan orangtua untuk mengisi liburan, meskipun tanpa harus meninggalkan rumah. Namun tak ada salahnya pula jika kita membawa anak kita keluar untuk benar-benar menikmati liburannya. Memberikan suasana baru setelah menghadapi berbagai macam kegiatan formal, tentunya akan berguna bagi perkembangan sia anak.
Alternatif Liburan cerdas
Salah satu alternatif liburan cerdas adalah dengan mengunjungi Museum, tempat bersejarah, Taman Nasional ataupun Cagar Alam. Tempat-tempat tersebut menjadi pilihan ‘cerdas’ karena cenderung lebih mudah dilakukan, tidak perlu mengeluarkan banyak biaya ataupun melakukan reservasi terlebih dahulu. Lokasinya pun tidak sulit untuk dijangkau, karena biasanya berada di dalam kota. Bahkan tempat-tempat tersebut biasanya bisa di kunjungi dengan kendaraan umum. Bagi anda yang tingga di Jakarta, bisa memanfaatkan angkutan umum Transjakarta yang cukup nyaman untuk berkeliling. Selain murah, banyak tempat wisata yang mengandung nilai sejarah yang dilewati oleh bus ini. Bahkan di shuttle busway ada peta-peta yang sehingga anda tidak perlu bingung harus berhenti dimana.
Alternatif liburan cerdas lainnya adalah membawa anak melakukan kegiatan di alam bebas dan menikmati petualangannya. Membiarkan anak bersatu dengan alam akan menghadirkan pengalaman tersendiri untuk anak, Anak akan belajar langsung dari isi alam, dari apa yang dilihat dan disentuhnya. pengalaman ini akan meningkatkan kemampuan anak dalam hal kemandirian, survival, adaptasi, dan berempati terhadap lingkungan sekitar.

Kegiatan alam yang bisa kita pilih bersama anak antara lain :
  • Ke pantai. Anak-anak dan orang tua bisa melakukan kegiatan seperti : berenang, snorkeling, kemping, main pasir dan memancing
  • Ke gunung. Jika berpikir lelah untuk mencapai puncak gunung, anda sekeluarga bisa kemping di kaki gunung, atau trekking di pagi hari mencium segarnya hawa pegunungan sekaligus menikmati pemandangan yang ada.
  • Ke sungai/danau. Uji adrenalin dan biarkan anda sekeluarga berteriak lepas menikmati jeram sungai saat rafting atau arung jeram. Anda benar-akan akan dihadapkan pada situasi untuk tetap kompak dengan keluarga agar perahu tidak oleng. Jika masih ragu dengan arung jeram, anda tetap bisa bermain air ataupun memancing.
  • Outbond. Melatih keberanian dan rasa percaya diri anak. Kini banyak operator outbond yang mempunyai wahana dari yang sederhana hingga ekstrem.
Sumber: Kompasiana


0 Responses to "Berlibur Dengan Cerdas"

Posting Komentar

 

Kompas

Return to top of page Copyright © 2010 | Flash News Converted into Blogger Template by HackTutors