Laman

Cara Memilih Laptop atau Notebook


Saat ini laptop jauh lebih canggih jika dibandingakan dengan komputer desktop. Lebih ringan dan jauh lebih gaya. Banyak orang yang berhenti menggunakan komputer desktop sama sekali dan menggunakan laptop untuk semua kebutuhan. Jika Anda berpikir untuk juga memilih laptop, lihat tips memilih laptop berikut. 

*Bacalah secara seksama petunjuk cara memilih laptop berikut. 

*Ambil laptop yang ingin dilihat di toko. (minta pelayan membuka kuncinya bila perlu). Pilih salah satu yang terasa kokoh, padat dan tidak terlalu berat.

*Cek keyboard. Karena Anda tidak dapat menggantikannya (kecuali dengan item yang sama persis), pastikan Anda merasa nyaman dengan kala melakukan sentuhan dan responsif. Test di meja dan di pangkuan Anda.

*Tes pointing device, track pad atau track ball, alternatif bila anda memakai mouse. Beberapa akan sulit untuk dikuasai. Anda dapat menggunaka mouse eksternal, tapi b perangkat yang built in lebih berguna jika anda sedang mobile.

*Periksa apakah bagian bawah komputer akan terasa panas pada saat laptop hidup, jika ya maka ini bisa jadi masalah jika Anda benar-benar menggunakan laptop di pangkuan Anda.

*Perhatikan ukuran layar dan resolusi. Biasanya layar lcd pada laptop saat ini berukuran 13-21 inci diagonal. Dengan resolusi layar antara 800 x 600 piksel sampai 1600 x 1200. Semakin banyak piksel, semakin jelas gambar di layar. Lihat layar dalam berbagai pengaturan: Sebuah layar yang terlihat terang dalam pencahayaan ruangan normal dapat tampak kurang bagus dalam cahaya terang atau redup.

*Pilih laptop dengan setidaknya dua 2 koneksi USB dan setidaknya satu koneksi Firewire (IEEE1394). USB 2.0 dan Firewire adalah cara yang sangat populer dan cepat menghubungkan iPod, kamera digital dan beberapa telepon ke komputer.

*Periksa apakah laptop telah memiliki kemampuan nirkabel, kebanyakan laptop sekarang memilikinya. Sebuah kartu jaringan nirkabel (juga disebut Wi-Fi atau 802.11) akan membebaskan Anda dari keharusan untuk menggunakan kabel bila ingin mengakses internet. Selain itu, kemampuan Bluetooth akan memudahkan Anda berbagi informasi secara nirkabel dengan perangkat yang dilengkapi Bluetooth lainnya, seperti ponsel atau personal digital assistant.

*Periksa untuk melihat apakah laptop memiliki DVD Burner. Ini membuat back up dokumen, file musik dan gambar menjadi mudah karena kapasitas penyimpanan disk yang tinggi.

*Dapatkan perangkat antipencurian. Ratusan ribu laptop dicuri setiap tahun. Carilah kabel yang menahan laptop ke meja. Instal perangkat lunak yang menonaktifkan laptop ketika dicuri, atau lebih baik lagi, laporkan lokasi laptop ketika terhubung ke Internet.


0 Responses to "Cara Memilih Laptop atau Notebook"

Posting Komentar

 

Kompas

Return to top of page Copyright © 2010 | Flash News Converted into Blogger Template by HackTutors