Laman

Cara menghindari kejenuhan di kelas


Banyak siswa cepat merasa bosan bila berada dalam kelas. Ada hal-hal yang siswa dapat lakukan untuk membantu menghindari ini. Pertimbangkan strategi sebagai berikut.

Mulailah dengan sikap positif 
Beberapa siswa merasa bosan di kelas karena sebelumnya sudah yakin pasti akan bosan. Mereka sudah merasa akan sangat bosan menerima pelajaran. Mereka bahkan tidak memberikan kesempatan kepada diri mereka sendiri bahwa mereka tidak akan bosan sampai mereka keluar ruangan. Cobalah untuk masuk dengan ide bahwa Siswa akan menemukan sesuatu yang menarik di dalam kelas.

Berpartisipasi dalam diskusi kelas
Dalam kelas, para guru mendorong siswa untuk berpartisipasi. Mungkin melalui sebuah diskusi kelas. Jika Siswa hanya duduk dan tidak memperhatikan Siswa mungkin akan bosan. Jika Siswa mencoba untuk berpartisipasi dalam subjek yang diajarkan maka Siswa mungkin menemukan bahwa Siswa menjadi terlibat di dalamnya. Bahkan sesuatu yang dianggap tidak menarikpun akan terasa menarik . Siswa juga lebih mungkin untuk mengesankan guru yang kemudian mungkin menaikkan nilai Siswa, serta memberikan ujian perbaikan dan nilai pekerjaan rumah.

Ajukan pertanyaan
Jika guru ingin Siswa mengajukan pertanyaan seperti biasanya, maka ini mungkin dapat mencegah rasa bosan Siswa. Siswa dapat bertanya pertanyaan yang inovatif tentang subjek yang diajarkan. Banyak guru mengagumi ini, terutama jika mereka memperhatikan dengan seksama yang guru ajarkan.

Pelajari tentang subjek sebelumnya
Beberapa siswa mereka bosan karena mereka memiliki kesulitan dalam memahami. Siswa sebaiknya mempelajari subyek yang akan diajarkan sebelum masuk kelas sehingga tidak merasa kesulitan dalam memahami. Kelaspun akan tampak lebih menarik.

Bawalah sesuatu yang disetujui Guru untuk dilakukan jika tugas Siswa telah selesai.
Dalam beberapa kelas, siswa diperbolehkan untuk melakukan hal-hal lain jika Siswa telah menyelesaikan tugas yang diberikan. Siswa mungkin ingin membawa buku bacaan. Siswa juga bisa menggunakan waktu luang untu mulai mengerjakan pekerjaan rumah dari pelajaran lain, sehingga Siswa memiliki lebih banyak waktu luang di rumah.

Rasa bosan adalah hal yang biasa dalam beberapa pelajaran, tetapi ada hal-hal yang siswa bisa lakukan untuk menguranginya. Pertimbangkan tips di atas untuk membantu dalam hal ini.

oleh Made Tatar



0 Responses to "Cara menghindari kejenuhan di kelas"

Posting Komentar

 

Kompas

Return to top of page Copyright © 2010 | Flash News Converted into Blogger Template by HackTutors