Laman

GURU GOL.IV/A BISA NAIK PANGKAT KE GOL.IV/B MENGGUNAKAN “CAR”


Oleh : Supardi, S.Pd, M.Pd

Guru Utama Muda Gol.IV/C pada SMPN 101 Jakarta


Sedikitnya 344 ribu dari 2,7 juta guru di Indonesia berada pada golongan IV/A. Namun, dari jumlah tersebut baru sekitar 2.200 guru yang bisa naik ke golongan IV/B ke atas. Sisanya, menumpuk di golongan IV/A karena “mandeg” akibat belum mau dan mampu membuat karya tulis ilmiah.
Untuk menembus golongan kepangkatan IV/B, guru golongan IV/A harus mengumpulkan angka kredit dari unsur pengembangan profesi yang besarnya ≥ 12. Angka tersebut diperoleh dari penulisan karya tulis ilmiah berupa penelitian, karangan ilmiah, tulisan ilmiah populer, buku, diktat, dan terjemahan. Penulis berpendapat untuk mengumpulkan nilai 12 bagi guru tidaklah sulit ababila dibarengi dengan kesungguhan, ketelatenan dan perjuangan yang gigih. Hal ini terbukti penulis dan beberapa rekan guru bisa melenggang ke golongan IV/c, bahkan Drs.Hamka, M.Pd yang nota bene guru SD yang mendapat “tugas tambahan” telah mencapai golongan yang lebih tinggi yaitu golongan IV/d bahkan sudah dalam proses pengusulan ke golongan IV/e.
Selama ini sudah banyak guru golongan IV/A yang melaporkan karya tulis ilmiahnya ke Biro Kepegawaian Depdiknas (tim penilai). Namun, karena dinilai belum memenuhi syarat, sehingga usulan angka kredit tersebut ditolak. Penolakan tersebut kemungkinan bukan semata-mata karena minimnya kemampuan guru dalam membuat karya tulis tetapi bisa disebabkan ketidaktauhan guru tentang aturan/kriteria pembuatan karya tulis yang kurang dipublikasikan.
Persepsi ini telah menyebar luas di kalangan guru. Akibatnya, banyak guru yang memilih apatis untuk mengurus kenaikan pangkatnya. Mereka menganggap, penolakan kenaikan pangkat tersebut terjadi karena kesengajaan, terkait pembatasan jatah jumlah golongan IV/B ke atas. Bahkan, ada juga yang menilai adanya unsur “kerja sama” antara pejabat penilai dan guru yang lolos menembus golongan IV/B. Padahal yang terjadi tidak demikian, karya guru memang belum memenuhi kriteria kegiatan pengembangan profesi yang disusun Biro Kepegawaian Depdiknas.
Sehubungan dengan hal tersebut di atas penulis ingin memberikan solusi bagi guru golongan IV/A supaya dapat menembus golongan IV/B dengan menggunakan “CAR”. CAR ( Classroom Actions Researt ) yang biasa disebut PTK (penelitian tindakan kelas) merupakan salah satu kendaraan yang dapat mengantar guru golongan IV/A menuju golongan IV/B.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau disebut juga dengan Classroom Action Research (CAR) adalah penelitian tindakan yang dilakukan dengan tujuan memperbaiki mutu praktik pembelajaran di kelas. Fokus PTK adalah pada siswa atau pada proses belajar mengajar yang terjadi di kelas.
Supaya karya tulis ilmiah yang berupa penelitian tindakan kelas (PTK) mendapat nilai setidaknya mengikuti kerangka sebagai berikut:
HALAMAN JUDUL
HALAMAN PENGESAHAN
ABSTRAK
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
DAFTAR TABEL
DAFTAR GAMBAR
DAFTAR LAMPIRAN

BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
B. Perumusan Masalah
C. Tindakkan Yang Dipilih
D. Tujuan
E. Manfaat Peneltian

BAB II TINJAUAN PUSTAKA
A. Kajian Teori
B. Kajian Hasil Penelitian

BAB III PROSEDUR PENELITIAN TINDAKAN KELAS
A. Objek Tindakan
B. Setting Penelitian
∙ Jenis Tindakan
∙ Tempat Penelitian
∙ Kelas Yang di jadikan obeyek
C. Metode Pengumpulan data
D. Metode Analisa Data
E. Cara Pengambilan Kesimpulan

BAB IV SIMPULAN DAN SARAN
A. Pgambaran selintas tentang settinh
B. Uraian penelitian secara umum
C. Penjelasan per-siklus
D. Proses menganalisa data
E. Pembahasan dan pengambilan kesimpulan

BAB IV SIMPULAN DAN SARAN
A. Simpulan
B. Saran-saran

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN

Dengan mengikuti alur seperti yang diuatara di atas kemungkinan besar usulan PTK bapak/ibi guru akan diterima dan sekaligus mendapatkan nilai dari unsur pengembangan profesi sehingga bisa naik pangkat dari gol.IV/a ke IV/b.

Diunduh dari: Ditpropen


24 Responses to "GURU GOL.IV/A BISA NAIK PANGKAT KE GOL.IV/B MENGGUNAKAN “CAR”"
Unknown mengatakan...

tidak ada kata sulit bagi guru untuk membuat karya ilmiah, tidak hanya CAR tapi juga nonptk dan itu banyak hal yang bisa bapak ibu guru lakukan, jangan patah semanggat, mari berkarya


19 Maret 2016 pukul 08.07
Herawati Suryanegara mengatakan...

trs diseminarkannya bagaimana? PTK wajib diseminarkan juga,loh.


8 April 2016 pukul 15.47
Unknown mengatakan...

Kalau ada guru yang ingin menjurnalkan hasil karyanya.
kami punya izin resmi untuk menerbitkan jurnal pendidikan dengan frekuensi penerbitan perminggu.
bisa diinfokan ke kami : (Herman 085298760833)


15 Juni 2016 pukul 10.56
syariful hadi mengatakan...

yang sulit adalah membuat jurnal agar dapat menembus publikasi ilmiah yang ber ISSN padahal itu syarat mutlak sementara jurnal yang ada sangat terbatas dan banyaknya antrian untuk dapat diterbitkan


15 Oktober 2016 pukul 09.50
syariful hadi mengatakan...

kalau ada yang dapat membantu tolong saya dibikinkan khusus untuk publikasi jurnal yang ber ISSN


15 Oktober 2016 pukul 09.51
Anggun Geminastiti mengatakan...

untuk guru yang kesulitan mempublikasikan karya tulisnya ke jurnal ilmiah saya bisa menyalurkan KE JURNAL Ber issn silakan kontak ke no HP 082121925778


28 Januari 2017 pukul 06.47
Unknown mengatakan...

kalau guru SD seminarnya lewat gugus masing2.Atau minimal pserta yg hadir di seminar 15 guru.Buat berita acara jalannnya seminar,notulen,dftr hadir pserta seminar,dokumentasi dll.


21 Februari 2017 pukul 14.41
Unknown mengatakan...

kalau guru SD seminarnya lewat gugus masing2.Atau minimal pserta yg hadir di seminar 15 guru.Buat berita acara jalannnya seminar,notulen,dftr hadir pserta seminar,dokumentasi dll.


21 Februari 2017 pukul 14.42
Unknown mengatakan...

Apa benar utk naik pangkat ke 4b guru SD harus berijazah s1...sedangkan 4a sdh ada 10 thn disandangnya...mhn kompirnya kawan yg tau dgn hal ini..


15 Januari 2018 pukul 13.07
Unknown mengatakan...

Apa benar utk naik pangkat ke 4b guru SD harus berijazah s1...sedangkan 4a sdh ada 10 thn disandangnya...mhn kompirnya kawan yg tau dgn hal ini..


15 Januari 2018 pukul 13.07
Kisah sukses mengatakan...

KISAH CERITA SUKSES DARI SAYA, AWAL JADI HONORER SEKARANG SAYA SUDAH JADI PNS GURU DI JAWA TIMUR

YANG HANYA BISA DI PERCAYA
BPK DR HERMAN M. SI NO HP BELIAU 0853-2174-0123

Sumpah demi allah ini kisah cerita nyata saya jadi PEGAWAI NEGERI SIPIL

Alhamdulillah berkat bantuan BPK DR HERMAN M. SI beliau selaku DIREKTUR APARATUR SIPIL NEGARA di BKN pusat yang telah membantu saya jadi PNS, Nomor hp bpk DR HERMAN M. SI hp: 0853-2174-0123

KISAH CERITA SAYA JADI PNS Assalamu Alaikum wr-wb,Mohon maaf mengganggu waktu dan aktifitas ibu/bapak,saya cuma bisa menyampaikan melalui pesan singkat dan semoga bermanfaat, saya seorang honorer baru saja lulus jadi PNS k2 tahun 2014, dan Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Honorer di sekolah dasar, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 5 kali mengikuti ujian, tidak pernah lolos bahkan saya sempat putus asah, namun teman saya memberikan no telf Bpk DR HERMAN M. SI yang bekerja di BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur 13640 sebagai DIREKTUR APARATUR SIPIL NEGARA yang di kenalnya di bkn jakarta dan saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui alamat kantor beliau, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisa nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya anda bisa, Hubungi Bpk dr herman m. Si , siapa tau beliau bisa bantu. Wass...


18 Maret 2018 pukul 22.04
Unknown mengatakan...

Saya pingin banget, ke iv b,
Dari mana memulainya


30 Mei 2018 pukul 06.47
Budikam68 mengatakan...

Saya Budi Kamayangan, S.Pd, M.Si, GOL IV B, Tugas di SMKN 1 KOTA SUKABUMI, Pengalaman sy ketika naik tingkat ke IV B, selain membuat PTK juga membuat Buku di bidang Dunia Pendidikan. Bahkan akumulasi nilai utk naik tingkat ke IV C tdk butuh banyak, tp tetap hrs ada KARYA ILMIAH dan buku TERBARU agar bisa tembus ke gol IV C. Terima kasih.


8 Agustus 2018 pukul 08.53
Ad education mengatakan...

Untuk menerbitkan jurnal ilmiah bisa hubungi saya.
Kalau ada guru yang ingin menjurnalkan hasil karyanya.
kami punya izin resmi untuk menerbitkan jurnal pendidikan .
bisa diinfokan ke kami : (Amran 085772525533)


6 Februari 2019 pukul 12.13
Unknown mengatakan...

Maaf mau tanya kalau KTI syarat kenaikan IV A ke IV B itu semuanya 4 harus PTK ? Boleh tidak KTI BOOK SURVEY ? terima kasih...


24 Februari 2019 pukul 18.40
Unknown mengatakan...

Apakah Anda membutuhkan dana?
Mencari keuangan?
Mencari uang untuk mengembangkan bisnis Anda?
Kami membantu individu dan perusahaan untuk mendapatkan pinjaman bisnis
untuk memperluas dan mendirikan bisnis baru dengan segala hormat. Dapatkan pinjaman bunga 3% yang terjangkau, apakah Anda memerlukan uang tunai / pinjaman ini untuk bisnis dan akuntansi? Kemudian kirim email kepada kami untuk informasi lebih lanjut, hubungi kami sekarang melalui email: royalfunds.help@gmail.com


29 Maret 2019 pukul 10.04
Unknown mengatakan...

Tapi ada banyak yang naik pangkat ke 4b gak bisa komputer, tidak melakukan seminar, bayar uang pulus


4 April 2019 pukul 11.06
Unknown mengatakan...

ASN harus rajin menulis.....utk bisa mencapai IV B dan seterusnya.....tapi butuh semangat dan suport.....dan tahu aturan dan alurnya


20 Juni 2019 pukul 09.11
Yuche Yahya Sukaca, M.Pd mengatakan...

Untuk penerbitan buku bapak ibu bisa bekerjasama dengan penerbit PT Cipta Gadhing Artha, hanya 350rb sudah jadi buku ber-ISBN.

Info lengkap di http://terbit.in atau WA saya di 0811354321


25 Juni 2019 pukul 16.53
Unknown mengatakan...

Dlm pembuatan ptk apa perlu pembimbing yg mengarahkan dlm sempurnanya pembuatan ptk.


18 September 2019 pukul 04.21
Unknown mengatakan...

Utk ke IV b diperlukan nilai PI (publikasi ilmiah) = 12. Nilai tersebut boleh dalam bentuk PTK. Maksimal utk 1 PTK nilainya 4. Jika dgn 4 PTK itu nilainya maksimal 16. Jadi lebih dari cukup. Jika 3 PTK maksimal nilainya 12. Jika yakin 3 PTK mencapai nilai 12, silakan. Tapi jika 4 PTK silakan. Waktu ke IV b thn 2016, Sy mengajukan 5 PTK dan 3 makalah. Nilainya diberi 12 saja di PAK IV b. Terima kasih.


10 November 2019 pukul 14.34
Unknown mengatakan...

Awalnya "ya" bila dapat undangan dari dinas pendidikan setempat untuk khusus mengikuti Bimtek KTI. Namun bagi yg autodidak pun bisa membuat PTK. Caranya: 1. Memelajari buku panduan membuat PTK, 2. Belajar dari teman yg lolos naik pangkat karena PTK nya memenuhi syarat.


10 November 2019 pukul 14.46
Unknown mengatakan...

Kumpulkan berkas yg dipersyaratkan. Mulai dari pembuatan laporan pengembangan diri, yg dilampirkan 4 fotokopi sertifikat wirkshop/diklat/seminar yg tdk kedaluarsa (tentu harus meluangkan waktu mengikutinya). Kemudian jangan luoa membuat KTI atau publikasi ilmiah yg bernilai 12 (boleh 3-4 PTK) atau 4 buku ber-ISBN atau 2 PTK dan 2 buku ber-ISBN atau 3 PTK dan 1 makalah atau 2 PTK dan 2 jurnal ber-ISBN. Tidak wajib di seminarkan, kecuali bila membuat hanya 1 PTK, maka agar dapat nilai 12 perlu diseminarkan guna memeroleh tambahan nilai melalui bukti kertas surat sudah diseminarkan.


10 November 2019 pukul 14.56
Unknown mengatakan...

KTI book survey ini identik dengan makalah berupa penjelajahan buku. Nilai 1 makalah hanya 2. Utk mencapai nilai 12 maka perlu 6 KTI book survey. Lebih baik PTK saja yg nilainya 4 untuk 1 PTK.


10 November 2019 pukul 15.06

Posting Komentar

 

Kompas

Return to top of page Copyright © 2010 | Flash News Converted into Blogger Template by HackTutors